Update Data NIK Mahasiswa

Selamat berjumpa lagi di blog lautan pasir....

Sebelumnya saya mohon maaf kepada teman-teman yang menggunakan webservice adminws dikarenakan banyak pekerjaan yang harus saya tuntaskan sampai update WS agak terlambat. Namun semoga dengan keterlambatan ini tidak menyusutkan niat teman-teman senasib sepenanggungan untuk terus bersemangat mengerjakan tugas sehari-sehari sebagai punggawa data PDDIKTI, dan semoga pekerjaan sehari-hari kita senantiasa dinilai ibadah dan selalu diberikan keberkahan rizki oleh Allah. Amin3.

Pada kesempatan ini saya posting untuk update data NIK mahasiswa yang saat ini untuk kepentingan eligible PIN diwajibkan terisi NIK mahasiswa dengan benar, apalagi kelak data PDDIKTI di kaitkan dengan data dispendukcapil sehingga kita dituntut untuk mengisikan data NIK dengan valid.

Mengingat hal tersebut, untuk itu dirasa perlu saya melakukan update adminws yang mana masih banyak data-data mahasiswa angkatan lama dimana dahulunya tidak disertakan kolom NIK seperti yang sekarang wajib diisikan.

Pada adminws, saya melakukan update modul pada file mhs.php  dan insert_mhs.php.  file mhs.php menambahkan form update data NIK dibawah form insert mahasiswa, hanya untuk update data NIK saja, sedang file insert_mhs.php sebagai file proses.

Jika nanti diperlukan ada data selain NIK semoga akan disesuaikan lagi, atau teman-teman juga saya berikan kebebasan untuk mengoprek source yang sudah saya buat. (Oprek adminws).

Kembali saya sampaikan, untuk update modul saya belum menyediakan update modul secara real time, sehingga masih secara manual. (copas source code).

Baiklah untuk menyingkat waktu, hal-hal apa saja yang harus dilakukan bagi temen-temen pengguna WS adminws adalah :

  1. Copas file mhs.php sebagai form file (menimpa file lama) yang berada di folder adminws/module/mahasiswa/. silahkan download file disini
  2. Copas file insert_mhs.php (menimpa file lama) yang berada di folder adminws/module/mahasiswa/. silahkan download file disini
  3. Copas file excel, sebagai template untuk mengisikan data yang akan di import, dimana file excel ini dikumpulkan pada template excel yang berada pada folder adminws/temp_excell/. Silahkan download file disini.


Untuk teman-teman yang bermaksud download source lengkap adminws (file aplikasi lengkap) bisa langsung download disini. (Update 30 Januari 2020)
Silahkan rename nama folder (tanpa ada tanggal bulan tahun) pada folder web server teman-teman (misal untuk xampp, berada di bawah folder xampp/htdocs), Sehingga susunan folder menjadi xampp/htdocs/adminws.

Demikian update modul untuk data NIK bagi mahasiswa yang belum terdapat NIK pada PDDIKTI Feeder, semoga bisa membantu.

Jika disana sini masih banyak kekurangan saya pribadi mohon maaf, karena keterbatasan kemampuan saya dan karna saya masih belajar-belajar.

Salam Codingers.

Previous
Next Post »