Mengatasi Syntax Error `New` (T_NEW) excel_reader2.php on Line 916


Salam Coding.
Pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai permasalahn beberapa waktu lalu ada pengguna adminws yang melaporkan bahwa saat hendak insert/import data feeder melalui excel muncul syntax error seperti gambar diatas.

Lalu disini saya akan jelaskan kenapa hal itu terjadi ?
Excel_reader2.php adalah sebuah helper yang berfungsi untuk membaca file excel layaknya kita membaca lembar excel melalui Microsoft Excel. Pada saat membaca data yang berada di data excel, akan ditemui error pada beberapa fungsi pada skrip excel_reader2.php yang sudah usang (deprecated). Hal ini akan terjadi jika pengguna adminws menggunakan php versi 5.3 keatas, tp jika menggunakan php dibawah 5.3 hal ini tidak akan terjadi error.

Lalu bagaimana cara memperbaiki error tersebut ?
Pada tulisan yang muncul sudah disebutkan baris yang mengalami error yaitu pada baris 916, sehingga kita akan edit skrip pada file tersebut. Adapun letak file tersebut pada adminws ada pada folder adminws/module/excel_reader2.php dan cari pada baris 916 seperti pada gambar berikut ini :



Pada baris yang diberi tanda merah tersebut editlah tulisan



$this->_ole =& new OLERead();


menjadi



$this->_ole = new OLERead();


Kemudian, disamping pada baris tersebut yang perlu kita edit juga adalah semua fungsi yang bertuliskan split di ubah menjadi explode.

Demikian cara untuk mngatasi syntax error excel_reader2.php.

Kemudian untuk mengatasi import data dengan baris (record) yang banyak, agar saat proses import tidak terputus karena ada batasan (limit), perlu kita setting juga file php.ini.

Adapun letak file php.ini yang akan di edit tergantung dari adminws tsb di letakkan disisi mana.

1. Adminws bisa diletakkan pada folder c:/Program files/PDDIKTI/dataweb
Maka php.ini yang akan di edit adalah pada folder c:/Program files/pddikti/php/php.ini (biasanya di tandai dengan icon gear.
Edit limit ada berada pada baris yang ditunjukkan seperti gambar berikut :


Pada baris 17,19 dan 22 di non aktifkan, di tambahkan baris di bawahnya masing-masing seperti angka yang telah ditunjukkan.

2. Adminws yang diletakkan dalam xampp server.
Maka php.ini yang akan di edit adalah pada folder xampp/php/php.ini (biasanya di tandai dengan icon gear.
Ubahlah kode yang ada di dalam tersebut seperti pada gambar dibawah ini.



Jangan lupa, setelah melakukan perubahan pada file php.ini, restart service apache bisa melalui service atau pada xampp_control (warna orange) dengan menekan tombol stop/start...

Demikian update mengenai adminws pada kali ini, semoga pengguna adminws senantiasa dimudahkan dalam import data feeder dan senantiasa sama-sama belajar.

Salam coding


Previous
Next Post »