Update AdminWs Neo Feeder PDDIKTI


 Assalamu'alaikum wr wb.

Salam koding....

Halo sobat pengelola PDDIKTI dimanapun berada.

Kali ini saya coba corat coret kembali tentang webservice NEO FEEDER PDDIKTI yang dikenal dikenal dengan nama AdminWsNeo.

Sambil berkutat dengan pekerjaan rutin, disini saya sempatkan sejenak untuk menginformasikan kepada temen-temen pengguna websevice AdminWsNeo feeder PDDIKTI bahwa per hari ini (Senin, 13 Februari 2023) akan saya post mengenai update modul Check & Validasi Dosen Ajar. 

Maksud validasi ini adalah untuk memfilter kelas kuliah yang belum tuntas dalam pelaporannya, terutama kelas yang tidak ada dosen ajar. Hal ini penting sekali untuk lebih diperhatikan, mengingat transaksi ini sangat dibutuhkan oleh pada dosen dalam kewajibannya menjalankan tri dharma PT salah satunya Pendidikan dan Pengajaran yang akan terindex pada aplikasi lain (sister) dan juga sebagai perhitungan BKD (Bekan Kerja Dosen).

Tujuan validasi ini adalah agar para pengelola tidak sampai ketinggalan untuk mentransaksikan ajar dosen karena akan ditampilkan kelas kuliah yang masih belum diisikan dosen ajarnya.

Pada modul ini, file-file yang berkaitan adalah pada folder : 

1. application/controllers/Validasi.php

2. application/models/M_validasi.php

3. application/views/services/val_ajar_dosen.php

Namun, untuk kali ini dari file-file yang lalu (Adminws update 1 Februari 2023 pada link Download) yang mengalami perubahan hanya pada script application/models/M_validasi.php yaitu menampilkan jumlah peserta kelas yang tadinya pada method webservice feeder untuk modul ajar dosen, pada kelas tersebut menampilkan angka 0 (nol) disemua kelas (dinyatakan tidak ada yang mengambil MK tersebut pada kelas).

Berkaitan dengan itu, akhirnya saya coba gali webservice dengan bantuan postman ternyata untuk menampilkan jumlah peserta kelas ada modul tersendiri yaitu method GetCountPesertaKelasKuliah yang saya sematkan dalam file M_validasi tersebut.

Jika teman-teman ingin mengupdate Adminws silahkan pergi ke link download, nanti tinggal copas file M_validasi untuk ditindiihkan pada file yang lama, atau bisa juga keseleruhan folder adminws ini di timpakan pada folder adminws lama dengan mengkonfigurasi ulang sesuai dengan konfigurasi pada komputer teman-teman sebelumnya.

Otoritas AdmiWS untuk masuk pada aplikasi ini dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Otoritas untuk login sebagai pengelola neo Feeder Perguruan Tinggi, dan

2. Otoritas sebagai pengelola neo Feeder Program Studi.

Pengaturan otoritas ini didatakan pada database adminws, pada tabel admin.

Adminws  dengan login tingkat prodi akan menampilkan data sesuai dengan masing-masing akun prodi, sedang akun PT akan menampilkan seluruh data semua prodi.

Demikian coretan singkat ini, semoga bisa mebantu teman2 semua.

Terima kasih

Previous
Next Post »