Cara Paling Cepat dan Mudah Export (Dump) Database PDDIKTI FEEDER

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada teman-teman Operator PDDIKTI FEEDER terutama dalam hal backup dan restore database pddikti.
Perlu diketahui bahwa saat feeder versi 1.1, export database pddikti bisa dilakukan dengan menggunakan phpPgAdmin 5.1 (PHP 5.6.24), tetapi semenjak peluncuran feeder versi 2.0, phpPgAdmin versi tersebut sudah tidak bisa lagi export database pddikti.
Beberapa kali telah kami coba untuk export database yang akan digunakan untuk backup feeder pada komputer yang lain disaat komputer server feeder mengalami gagal operasi, namun setlah dijalankan dengan phpPgAdmin 5.1 hasil dump selalu 0 MB.
Kami juga belum mencoba dengan phpPgAdmin versi yang lain dan kami belum bisa memastikan bisa apa tidaknya export menggunakan versi yang lain. Tapi akhirnya sebelum kami memutuskan untuk searching phpPgAdmin versi yang lain, muncul ide kami untuk melakukan export (dump) database pddikti melalui command prompt (DOS).
coba mncoba telah kami lakukan, dan hasilnya sangat luar biasa, hanya hitungan beberapa detik saja ga sampai 1 menit tercipta dump database pddikti, dan siap untuk di restore ke komputer feeder yang lain sebagai cadangan feeder.
Adapun langkah-langkah untuk dump database postgre pddikti feeder adalah sebagai berikut :

  1. Komputer tentunya harus sudah terinstall feeder versi 2.
  2. Kita sudah memiliki user untuk mengakses database pddikti feeder.
  3. Dari start menu pada kolom search program and files ketikkan cmd

Kemudian akan muncul jendela DOS seperti gambar berikut :


Nah pada command prompt tersebut, arahkan prompt menuju  ke Program Files/PDDIKTI/pgsql/bin, dengan cara ketik cd /program files/pddikti/pgsql/bin lalu tekan enter, maka akan tampil seperti gambar berikut :


Dengan cara mengetik seperti itu berarti kita sudah berada pada promt potgres untuk eksekusi dump (export) sebagai backup database pddikti feeder.
Okay, langkah terpenting dalam export adalah seperti di bwah ini :
ketik : 
pg_dump.exe -U {nama_user} -p {port} {nama_DB} > "{drive}/{folder}/{nm_file_dump}.sql"

contoh : 

pg_dump.exe -U mary -p 54321 pddikti >"d:/backup/pddikti.sql"

pada contoh tersebut file hasil dump saya letakkan di drive d: di dalam folder backup, dan hasil dump diberi nama pddikti.sql.

Setelah langkah tersebut, maka akan muncul konfirmasi untuk mengisikan password, dan akhiri dengan tombol enter.
Maka tidak perlu nunggu waktu lama lagi (GPL), hanya beberapa detik saja file dump sudah tercipta di dalam folder yang sudah kita kehendaki.

Demikian sekilas tutorial export (dump) database pddikti feeder, semoga bermanfaat.
Thanks.




Previous
Next Post »